Selasa, 05 Februari 2013

CARA MENJODOHKAN BURUNG LOVE BIRD

Tips Menjodohkan Lovebird Individu

njodokne-lovebird.jpg


Setelah mendapatkan lovebird jantan dan betina maka masukan burung dalam sangkar yang berbeda, kemudian sangkar itu di dekatkan.

Setiap hari mandikan burung supaya lebih jinak dan mudah dalam penjodohan.
Kalau terlihat sudah akur atau pada waktu tidur dimalam hari burung tidur berdekatan maka itu tandanya sudah suka sama suka dan bisa dicoba dijodohkan.
Masukanlah kedua burung tersebut kedalam satu sangkar.

individu-njodokne.jpg


Usahakan pada sore hari untuk mengantisipasi kalau malam hari tidurnya berdekatan kemungkinan besar burung sudah jodoh.

Kalau sudah jodoh segeralah memindahkan ke kandang yang lebih besar dan taruhlah glodok didalamnya dan anda tinggal tunggu mudah- mudahan burung lovebird anda segera bertelur dalam beberapa hari.
Jika burung lovebird tidak mau dijodohkan ada beberapa sebab diantaranya salah memilih indukan mungkin keduanya berjenis kelamin sama, lovebird belum mencapai masa birahi, perbedaan usia yang jauh beda antara jantan dan betina, situasi atau lingkungan kandang burung lovebird kurang mendukung.
Pilihlah tempat untuk kandang penjodohan yang sepi atau jauh dari keramaian, supaya burung tidak stress sehingga proses penjodohan burung lovebird berjalan dengan baik.
Selain itu tempat usahakan mempunyai sirkulasi udaranya cukup, terkena cahaya matahari, aman dari perusak seperti tikus, kucing atau yang lainnya yang dapat mengganggu ketenangan lovebird.

Tips Menjodohan Lovebird Sistem Koloni.


koloni.jpg


Bagi para pemula yang ingin mencoba penjodohan Lovebird ini kita bisa menggunakan penjodohan sistem koloni.

pertama kita harus mempunyai tempat yang cukup untuk menjalankan sistem koloni ini, karena dalam satu tempat ini kita akan memelihara beberapa ekor lovebird, sehingga untuk memilih lovebird jantan dan betina akan terasa lebih mudah tanpa kita harus menjodohkan lovebird terlebih dahulu.
Dalam tahap ini kita hanya akan perlu mengamati tingkah laku dari lovebird, biasanya setelah kita mencampurkan lovebird ini dalam satu tempat, akan ada beberapa ekor lovebird yang berperilaku beda atau sudah berpasangan secara otomatis,dan bisa di pastikan burung tersebut siap untuk di ambil dan di masukkan ke dalam sangkar Individu.
Untuk perawatan yang lebih intensive.

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar